WORKSHOP PENULISAN BUKU NON FIKSI DALAM RANGKA MENDUKUNG LUARAN PENELITIAN PENGENDALIAN PENYAKIT TROPIS BERBASIS KEPULAUAN

SHARE

Penelitian merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan dosen setiap tahunnya. Dalam melakukan penelitian maka dosen diwajibkan membuat luaran dari penelitian tersebut antara lain: bahan ajar, book chapter, monograf, buku dan referensi. Tujuan pembuatan luaran berupa buku tersebut adalah mendokumentasikan hasil penelitian dan hasil kajian keilmuan yang sudah dilakukan serta sebagai media untuk diseminasi informasi dari hasil penelitian maupun kajian ilmuan, sehingga informasi dari hasil penelitian tersebut dapat dibaca dan dimanfaatkan oleh banyak orang, baik mahasiswa dan masyarakat umum serta pemangku kebijakan, dan terutama dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi bidang kesehatan.
Untuk mendukung itu semua maka pada kesempatan ini Pusat Unggulan Ipteks Poltekkes Kemenkes Kupang mengkoordinasi pelaksanaan Workshop Penulisan Buku Non Fiksi yang akan diikuti oleh semua prodi di Poltekkes Kemenkes Kupang. Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan buku referensi ataupun book chapter dari setiap prodi minimal 10 judul dalam rangka mendukung capaian kinerja sesuai unggulan PUI Poltekkes Kemenkes Kupang dan unggulan masing masing prodi di Poltekkes Kemenkes Kupang.
Kegiatan secara daring melalui zoom meeting dilaksanakan selama 3 hari yaitu tangal 17 Des 2021 – 20 Des 2021, sedangkan selebihnya diberikan penugasan untuk secara mandiri untuk menyelesaikan output masing masing. Waktu diberi selama kurang lebih 2 bulan yaitu Janauri – Februari 2022.  Pada kesempatan ini peserta yang hadir sebanyak 70- 90 peserta hadir dari perwakilan prodi mengikuti dengan antusias mulai kegiatan hari pertama sampai selesai kegiatan hari ketiga.
Kegiatan hari pertama kegiatan dimulai dengan sambutan dari Wadir I Bidang Akademik Bapak Irfan SKM., MKes, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dan arahan dari Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Dr. Sugiyanti, SPd., M.App.Sc. Wadir I dalam hal ini mewakili Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang dan Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan sangat mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ini tidak berhenti sebatas workshop saja, tetapi sampai menghasilkan output luar berupa buku non fiksi seperti buku referensi, book chapter, monograf, dan buku ajar. Buku tersebut sangat diperlukan karena juga sebagai bagian output dari suatu kegiatan penelitian ataupun pengabdian masyarakat.
Narasumber pada kegiatan ini adalah Wakil Direktur 1 Pascasarjana UST, Yogyakarta, sekaligus buku dan owner 4 penerbit Dr. Ari Setiawan, MPd. Materi yang diberikan okeh narasumber antara lain: Anatomi Buku; Menulis Buku Ajar; Menulis Buku Referensi; Menulis Monograf; Template buku ajara; template buku monograf; Template buku referensi; dan Template book chapter.
Metode penyajian adalah dengan ceramah dan disertai dengan diskusi secara langsung dengan peserta. Selain itu untuk hari ketiga secara khusus diberikan kesempatan kepada peserta untuk mempresentasikan draf naskah dari output yang akan dihasilkan dari kegiatan ini. Sesi diskusi dan sesi presentasi oleh peserta dengan antusiasme yang tinggi, terbukti banyak yang ingin mencoba untuk memaparkan draf buku yang sudah mereka buat, bahkan ada beberapa yang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk memaparkan draf naskahnya. Akhir kegiatan di hari ketiga dicapai kesepakatan bahwa bagian awal buku harus segera dikirim ke narasumber paling tidak pertengahan Januari untuk pengurusan ISBN, sedangkan naskah lengkap bisa menyusul tetapi diharapkan tidak lebih dari 2 bulan. Narasumber sekaligus sebagai pemilik percetakan, sehingga dalam kesempatan ini memberikan kesempatan kepada Poltekkes Kemenkes Kupang untuk menghasilkan free book sebanyak 20 buah, tetapi tidak menutup kemungkinan Dr. Ari Setiawan, MPd akan memfasilitasi untuk mencetak lebih dari 20 buah bila banyak peserta yang ingin menghasilkan output buku tersebut.
Kegiatan ini ditindaklanjuti dengan pembuatan surat kerjasama pembuatan dan pencetakan output buku dalam rangka mendukung capaian kinerja Dosen dalam menghasilkan publikasi buku dan sekaligus menambah referensi dalam perkuliahan. Semoga kegiatan ini berkelanjutan dan semakin menambah semangat civitas akademika di Poltekkes Kemenkes Kupang dalam berkarya dalam bidang pendidikan dan juga khususnya meningkatkan peran PUI Poltekkes Kemenkes Kupang dalam pengendalian penyakit tropis.